Aplikasi Umrah Cerdas
Mengenal Aplikasi Umrah Cerdas

Aplikasi Umrah Cerdas merupakan salah satu aplikasi resmi dari Kementerian Agama RI. Aplikasi ini di buat secara khusus untuk mengedukasi masyarakat yang tengah mempersiapkan diri dalam menjalankan ibadah haji dan umroh.

Maraknya kasus penipuan kepada calon jamaah haji dan umroh karena minimnya pengetahuan tentang biro perjalanan haji dan umroh yang legal. Nah, dengan adanya Apliksai Umrah Cerdas ini tentu akan memudahkan calon jamaah dalam mengakses berbagai informasi seputar ibadah haji dan umroh.

Ada banyak fitur yang disematkan kedalam aplikasi umrah cerdas ini. Seperti fitur cara cek izin travel umroh, cek izin travel haji, dan cek porsi haji. Selain itu masih ada lagi fitur-fitur yang lainnya. Simak ulasannya berikut ini.


9 Fitur Aplikasi Umrah Cerdas Beserta Fungsinya


1. PPIU
Fitur pertama yang ada dalam aplikasi ini adalah PPIU. Di dalam fitur ini Anda bisa melihat daftar PPIU Kemenag. PPIU merupakan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh.

Setiap perusahaan agen travel umroh yang sudah ada di dalam daftar fitur PPIU ini berarti perusahaan tersebut sudah berizin. Tidak hanya nama perusahaannya saja, dalam daftar travel resmi Kemenag ini Anda juga bisa mengecek alamat dan nomor izinnya.

Dengan adanya data ini Anda bisa mengecek apakah agen travel umroh yang akan Anda gunakan sudah berizin atau belum. Anda juga bisa mengecek apakah alamatnya sesuai dengan yang didaftarkan atau tidak.

2. PIHK
Fitur selanjutnya adalah PIHK atau Penyelenggara Ibadah Haji Khusus. Di dalam fitur ini Anda akan menemukan daftar travel resmi haji dan umroh yang sudah berizin dari Kemenag.

Tampilan fitur ini hampir sama dengan PPIU, hanya saja perusahaan yang ada di fitur PPIU belum tentu ada di PIHK. Karena izin PPIU dengan izin PIHK itu berbeda. Cara cek travel PIHK yang terdaftar di Kemenag dalam fitur ini sangat mudah. Anda hanya tinggal mengetikkan nama perusahaan haji dan umroh yang ingin Anda cek.

Sebagai contoh, misalnya Anda akan mengecek agen travel PT Alhijaz Indowisata. Anda cukup mengetikkan PT Alhijaz saja maka secara otomatis akan ditemukan. Jika Anda mengetikkan nama perusahaan haji dan umroh tapi tidak muncul, itu artinya perusahaan tersebut belum terdaftar di Kemenag.

3. Nomor Porsi
Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur Nomor Porsi. Fitur ini bisa digunakan untuk mengecek nomor porsi haji untuk mengetahui estimasi masa tunggu keberangkatan haji Anda.

Cara cek estimasi masa tunggu haji dengan fitur ini sangat mudah. Anda hanya perlu mengetikkan nomor porsi Anda pada kolom pencarian yang sudah tersedia. Tunggu beberapa saat dan data Anda akan keluar.

4. Regulasi
Fitur selanjutnya adalah Regulasi. Di dalam fitur ini Anda akan menemukan daftar regulasi atau peraturan yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah haji dan umroh. Dengan fitur ini Anda bisa tahu dan mengecek peraturan terbaru tentang keberangkatan haji dan umroh.

Fitur Regulasi ini selalu update regulasi-regulasi baru, baik undang-undang maupun keputusan menteri agama. Dengan fitur ini Anda bisa menambah pengetahuan tentang peraturan haji dan umroh.

5. Pengaduan
Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur pengaduan. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk melakukan pengaduan terkait pemberangkatan haji dan umroh.

Untuk mengirim pengaduan Anda hanya perlu mengisi form pengaduan yang sudah disediakan di dalam fitur ini. Form pengaduan ini berisi tentang pengaduan dan data Anda seperti nama, alamat email, dan telepon.

Setelah mengisi form pengaduan Anda akan mendapatkan kode link unik untuk cek pengaduan. Dengan kode ini Anda bisa mengecek apakah pengaduan Anda sudah ditanggapi atau belum.

6. Berita
Fitur yang selanjutnya adalah Berita. Dengan fitur ini Anda bisa melihat berita terbaru yang terkait pemberangkatan haji dan umroh. Fitur ini juga menyediakan berbagai informasi terbaru terkait haji dan umroh di Indonesia.

Ada banyak berita yang akan Anda dapatkan di dalam fitur ini. Bahkan berita yang sudah cukup lama pun bisa Anda temukan di dalam fitur ini.

7. Doa
Aplikasi ini juga menyediakan fitur doa. Fitur doa ini berisi kumpulan doa-doa ketika melaksanakan ibadah haji dan umroh.

Salah satu contohnya adalah doa umroh. Anda bisa langsung memilih doa tersebut kemudian akan muncul isi dari doa tersebut. Di dalam isinya Anda juga bisa memutar bacaan dari doa tersebut.

Untuk memutar bacaan doa tersebut Anda hanya perlu klik Play. Anda bisa mendengar bacaan tersebut beserta dengan artinya.

8. Sanksi
Fitur sanksi ini merupakan fitur yang di dalamnya berisi daftar hitam travel umroh. Daftar travel yang ada di dalam menu ini berarti travel tersebut bermasalah.

Di dalam daftar ini Anda juga bisa menemukan alamat dan nomor telepon travel tersebut. Anda juga bisa melihat nama direktur dari agen travel tersebut.

9. Unduhan
Fitur yang terakhir adalah fitur unduhan. Di dalam fitur ini Anda bisa mengunduh berbagai materi manasik dan pembinaan haji dan umroh.

Tidak hanya itu, di dalam fitur ini Anda juga bisa mengunduh doa dan dzikir manasik yang diberikan oleh Kemenag. Untuk mengunduh file yang ada di fitur ini cukup dengan cara memilihnya saja kemudian klik download. Tunggu beberapa saat dan hasilnya bisa langsung Anda buka di HP android Anda.

Kesimpulan
Sangat membantu bukan aplikasi umrah cerdas ini? Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mendaftar program haji ataupun umroh. Tentu saja hal ini bisa meminimalisirkan modus kejahatan penipuan haji dan umroh.

Bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah umroh dengan aman dan nyaman bisa cek paket umroh melalui website Alhijaztravel.id (PT Alhijaz Indowisata). Selain itu, Anda juga bisa hubungi nomor 081383190300 untuk konsultasi terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.