3 Program Haji Resmi di Indonesia
3 Program Haji Resmi di Indonesia

Mau daftar haji? Tunggu dulu, kenali 3 program haji resmi yang ada di Indonesia saat ini. Ketiga program haji resmi ini adalah Haji Reguler, Haji Plus, dan Haji Furoda.

Nah, sebelum Anda mendaftar haji ada baiknya mengetahi tentang program-program haji tersebut. Dengan demikian, Anda semakin yakin dalam memilih program haji mana yang akan digunakan.

3 Program Haji Resmi di Indonesia


1. Program Haji Reguler


Haji reguler adalah program haji yang diselenggarakan langsung oleh KemenagRI. Program haji menjadi program dengan biaya paling murah dibanding program haji lainnya. Inilah yang menjadikan program haji reguler paling banyak peminatnya.

Biaya Haji Reguler yang terbaru saat ini adalah sekitar Rp. 39,8 juta rupiah. Besaran biaya ini memang mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

Sebenarnya Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPIH secara keseluruhan adalah Rp. 81.747.844,04 per orangnya. Namun biaya perjalanan yang dibebankan kepada jemaah hanya sekitar Rp 39,8 juta rupiah.

Biaya tersebut nantinya akan digunakan untuk membayar seluru kebutuhan selama jamaah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi.

Lama pelaksanaan ibadah haji program Haji Reguler ini bisa 1 bulan lebih yaitu sekitar 40 hari. Para jamaah Haji Reguler akan berangkat terlebih dahulu dan melakukan transit sebelum pelaksanaan haji.

Calon jamaah Haji Reguler yang sudah mendaftar dan membayar biaya perjalanan akan langsung mendapatkan nomor porsi. Namun Anda tidak bisa berangkat ibadah haji langsung. Karena jamaah haji akan berangkat berdasarkan nomor porsi.

Karena jamaah haji Indonesia cukup banyak, sampai sekarang nomor porsi antrian berangkat haji sudah panjang. Perkiraan berangkat haji berdasarkan nomor porsi di Indonesia bisa sampai 40 tahun. Jadi Anda harus menunggu sekitar 40 tahun baru bisa berangkat haji.

Perkiraan waktu berangkat ibadah Haji Reguler setiap kota dan kabupaten berbeda-beda. Ada yang hanya sekitar 12 tahun, ada juga yang sampai 44 tahun.


2. Program Haji Plus


Haji Plus dulu bernama ONH Plus merupakan program haji yang penyelenggaraannya dilakukan oleh swasta yang disebut dengan PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus).

PIHK atau yang sering disebut dengan agen perjalanan haji dan umroh merupakan lembaga swasta yang secara resmi ditunjik pemerintah RI untuk menyelenggarakan program Haji Plus dan Haji Furoda. Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah Haji dan Umroh.

Haji Plus merupakan program ibadah haji khusus di mana Anda tidak mendaftar langsung ke Kemenag melainkan ke agen perjalanan Haji dan Umroh. Nantinya proses pendaftaran dan pengambilan nomor porsi akan dilakukan oleh jasa travel.

Biaya Haji Plus saat ini sekitar 9.000 US Dollar sampai 11.000 US Dollar per orangnya. Jika dirupiahkan maka biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mengikuti program Haji Plus adalah sekitar 140 juta sampai 150 jutaan rupiah.

Dengan biaya ini nantinya Anda akan mendapatkan fasilitas berupa tiket pesawat pulang pergi, hotel yang dekat dengan Masjidil Haram, dan tenda VIP selama wukuf di Arafah dan Mina. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan nomor porsi keberangkatan yang lebih cepat.

Jika Haji Reguler harus menunggu sampai puluhan tahun, daftar tunggu Haji Plus hanya sekitar 5 sampai dengan 7 tahun. Lama pelaksanaan program ibadah haji ini juga lebih singkat yaitu hanya sekitar 20 sampai 26 hari saja.

Beberapa paket program Haji Plus juga tidak perlu adanya transit, jadi Anda langsung berangkat ke Mekkah. Bahkan jamaah haji juga bisa melaksanakan ziarah di sekitar Mekkah dan Madinah.


3. Program Haji Furoda


Haji Furoda atau lebih dikenal dengan haji Non Kuota atau Haji Mujamalah adalah program haji khusus yang penyelenggaranya sama dengan Haji Plus, yaitu PIHK.

Biaya Haji Furoda perorangan adalah sekitar 17.500 US Dollar atau sekitar 250 juta rupiah. Harga program Haji Furoda ini memang paling mahal dibanding program haji resmi lainnya. Kerana program haji furoda menjadi satu-satunya program haji tanpa antri yang ada saat ini. Jadi tidak heran jika harga yang dipatok cukup tinggi.

Lama pelaksanaan ibadah Haji Furoda juga lebih singkat yaitu 20 sampai 26 hari. Perbedaan waktu pelaksanaan ibadah Haji Reguler, Haji Plus, dan Haji Furoda ini bukan berarti ibadah hajinya dilakukan dilain waktu. Hanya saja waktu pemberangkatannya yang berbeda.

Kesimpulan
Jadi program yang mana yang akan Anda gunakan?
Program Haji Reguler memang lebih murah namun Anda harus mengantri sampai 10 tahun bahkan lebih. Bagi Anda yang memiliki kemampuan finansial yang mumpuni sangat disarankan untuk memilih program Haji Plus atau Haji Furoda. Karena kedua program haji tersebut menawarkan masa tunggu yang tidak terlalu lama.

Seperti yang sudah dijelaskan, jika Haji Plus dan Haji Furoda diselenggarakan oleh PIHK yang sudah resmi dan ditunjuk oleh Kemenag. Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program Haji Plus atau Haji Furoda bisa daftar di Alhijaz Indowisata.

Anda tidak perlu ragu dengan Alhijaz, karena Alhijaz adalah salah satu travel umroh dan haji plus terbaik di Indonesia dengan nilai akreditasi A. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kotak dibawah ini.

Telepon : 021-8011111
WhastApp : 0813 8319 0300
Website : www.alhijaztravel.id
Alamat : Jl. Dewi Sartika No. 239A Cawang, Jakarta Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.